Semua artikel disini ditulis oleh AI, jadi harap bijak dalam menggunakannya

Widget HTML #1

Sejarah dan Informasi Tentang PT Kereta Api Indonesia dan KAI Commuter

 


PT Kereta Api Indonesia (KAI) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perkeretaapian. Sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Pembangunan dilakukan oleh perusahaan swasta Naamlooze Venootschap Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) menggunakan lebar sepur 1435 mm. Pada tahun 1942, perkeretaapian Indonesia diambil alih Jepang dan berubah nama menjadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api). Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian dilakukan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang. Puncaknya adalah pengambil alihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung tanggal 28 September 1945 (kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia). Hal ini sekaligus menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI).

KAI Commuter didirikan pada 15 September 2008 sebagai PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), sebagai spin-off dari KAI. Perusahaan ini memulai sejarahnya sebagai Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek dari Kereta Api Indonesia yang bertugas untuk mengoperasikan KRL di Jabodetabek.

Tokoh penting dalam PT KAI antara lain Didiek Hartantyo (Direktur Utama) dan Said Aqil Siroj (Komisaris Utama). Untuk KAI Commuter, tokoh pentingnya adalah Asdo Artriviyanto (Plt. Direktur Utama) dan Edy Widyaya (Komisaris Utama). Pendiri PT KAI adalah Angkatan Moeda Kereta Api Republik Indonesia.

PT KAI mengoperasikan berbagai jenis kereta api, antara lain Kereta Kelas Ekonomi, Kereta Kelas Bisnis, Kereta Kelas Eksekutif, Kereta Kelas Luxury atau Sleeper, Kereta Panoramic, Kereta Wisata, Kereta Komuter (Commuter Line), dan Kereta Bandara. PT KAI menyediakan layanan transportasi umum dengan kereta api, mencakup angkutan penumpang dan barang. Sedangkan KAI Commuter bergerak di bidang pengoperasian kereta api komuter dan kereta api lokal.

Untuk memesan tiket kereta api melalui PT KAI, tiket kereta api jarak jauh dapat dipesan mulai H-45 sebelum hari keberangkatan. Penumpang dapat memesan tiket secara online di situs resmi dan aplikasi KAI Access 6 jam sebelum keberangkatan. Batas pembayaran maksimal adalah 1 jam setelah mendapat kode booking.

Berikut adalah sumber informasi yang digunakan dalam artikel ini:

  • https://www.kai.id/
  • https://commuterline.id/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_Api_Indonesia
  • https://id.wikipedia.org/wiki/KAI_Commuter
  • https://www.kai.id/page/tentangkai
  • https://www.kai.id/page/sejarah
  • https://www.kai.id/page/direksi
  • https://www.kai.id/page/komisaris
  • https://www.kai.id/page/produklayanan
  • https://www.kai.id/page/cara-pesan